Pre-Order Novel Forgotten Colors di Buku Kita

Hi, Hey, Hello!


Adakah dari kalian yang suka membaca buku? Buku apa yang kalian suka? Siapa penulis buku favorit kalian? Kalau aku sih suka banget baca buku! Buku yang aku suka adalah novel, terutama fiksi. Dan penulis buku favoritku salah satunya adalah Valiant Budi Yogi (Vabyo), dengan bukunya yang berjudul Kedai 1001 Mimpi, Kedai 1002 Mimpi, Joker, Bintang Bunting, dan lain-lain. Sebagai penggemar tentu saja aku menantikan buku terbaru dari Vabyo. Untungnya dalam waktu dekat buku terbarunya yang berjudul Forgotten Colors akan terbit! Hari ini (16 Agustus 2017) 9 toko buku online sudah mulai open pre-order novel Forgotten Colors dengan tanda tangan Vabyo dan bonus lembaran ingatan. Karena aku belum pernah beli buku di 9 toko buku online tersebut, maka aku buka semua web nya (yang satu di instagram) untuk membandingkan dan memilih yang mana yang paling cocok buat aku.

Setelah melihat sekilas 8 web dan 1 instagram/twitter, aku mengeliminasi beberapa toko buku online yang gak sesuai dengan keinginanku, yaitu yang melakukan pemesanan dan konfirmasi secara manual via whatsapp. Kenapa? Karena buku yang mau aku beli adalah pre-order, aku butuh order melalui web yang prosesnya by system, sehingga aku bisa pantau prosesnya via web tanpa perlu chat admin toko buku online tersebut.

Tahap eliminasi selanjutnya pun jadi semakin sulit karena aku harus melihat web yang tersisa dengan lebih detail. Dan inilah 6 pertimbanganku sebelum memutuskan toko buku online pilihan:
1. Harga
Seharusnya harga novel Forgotten Colors edisi pre-order ini sama semua, yaitu Rp 50.400, tapi kemarin aku lihat ada toko buku online yang harganya lebih mahal sedikit. Entah memang lebih mahal atau belum diupdate saat aku lihat.
2. Kelengkapan
Sama seperti poin nomor 1, seharusnya kelengkapannya sama semua, yaitu Novel + tanda tangan penulis + lembaran ingatan. Tapi aku lihat beberapa toko buku online hanya menuliskan novel + tanda tangan, tidak ada lembaran ingatan. Entah memang tidak diberikan atau lupa menuliskan. Daripada tidak pasti, lebih baik pilih yang sudah pasti termasuk lembaran ingatan.
3. Metode pengiriman dan ongkos kirim
Kurang lebih semua sama menggunakan jasa pengiriman JNE, SiCepat, TIKI, dan sebagainya dengan ongkos kirim sekitar 7-18 ribu dan estimasi barang tiba dalam 1-3 hari. Sebenarnya ada 1 toko buku online yang ongkos kirimnya sangat murah, bahkan sedang ada promo gratis ongkir. Tapi aku gak jadi pilih toko buku online tersebut, alasannya ada di nomor berikutnya.
4. Tanggal tersedia buku
Estimasi tanggal tersedia buku cukup variatif, mulai tanggal 28, 29, 30, 31 Agustus 2017, bahkan 6 September 2017! Nah, yang terakhir itu adalah tanggal tersedia di toko buku online yang memberikan ongkir paling murah (bahkan gratis untuk order sampai hari ini). Kalau aku pikir-pikir sayang sekali demi hemat sekitar 10 ribu aku harus menunggu sekitar 1 minggu lebih lama. Padahal di tempat lain saja aku harus menunggu sekitar 2 minggu, masa harus nambah 1 minggu lagi? Oleh karena itu, aku pilih yang tanggal tersedianya paling cepat, yaitu 28 Agustus 2017.
5. Lokasi kantor toko buku online
Bagiku lokasi kantor toko buku online ini cukup penting, karena semakin dekat akan semakin cepat buku yang dibeli tiba. Apalagi kecepatan barang tiba dengan metode pengiriman yang kuinginkan cukup terpengaruh oleh jarak antara toko buku online dan rumahku. Untungnya ada satu toko buku yang jaraknya cukup dekat.
6. Promo tambahan
Sampai dengan poin nomor 5 hanya tinggal 2 toko buku online yang tersisa, dan ternyata poin nomor 6 adalah penentu pilihanku. Saat aku lihat Buku Kita, ada promo tambahan yaitu reward berupa undian tiap bulan, pemenang undian berhak mendapatkan 1 buah buku pilihannya tanpa dipungut biaya apapun! Cara mendapatkan nomor undian adalah dengan membeli buku seharga minimal 50 ribu. Karena tergiur dengan promo tersebut akhirnya aku registrasi untuk menjadi member website bukukita.com. Dan ternyata kalau kita mendaftar untuk menjadi member baru, kita juga akan mendapatkan 1 nomor undian! Asiiik, jadi aku punya 2 nomor undian, 1 karena mendaftar member dan 1 karena membeli buku seharga lebih dari 50 ribu.

Berdasarkan 6 pertimbangan di atas akhirnya pilihanku jatuh kepada Buku Kita! Aku segera mendaftarkan diri menjadi member dan mengisi data diri dengan lengkap. Saat jam menunjukkan angka 00:00 aku langsung login dan order novel Forgotten Colors. Sekitar 5 menit kemudian aku pun melakukan pembayaran melalui mobile banking dan segera melakukan konfirmasi pembayaran. Aku pikir konfirmasi bahwa pembayaranku telah diterima oleh Buku Kita akan dilakukan pada pagi hari, tapi ternyata 1 jam setelah melakukan pembayaran aku menerima email yang berisi bahwa pembayaranku telah diterima dan dinyatakan lunas. Artinya, bukuku akan segera dipesan ke penerbit dan aku tinggal menunggu bukuku sampai dalam waktu 2 minggu. Semoga semuanya lancar sehingga tidak tertunda. Gak sabar mau baca novel Forgotten Colors! :D


Semoga 6 pertimbanganku bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang galau dalam memilih toko buku online yaaa. Ingat, ini hanyalah opini pribadiku, kalian bisa memilih sendiri toko buku online pilihan kalian sesuai dengan keinginan. 

Sekian dulu sharing pengalaman memilih toko buku online untuk pre-order novel Forgotten Colors, postingan ini akan diupdate jika buku sudah aku terima.



 SYIFA RAMADHANI 

Comments

Popular Posts