Belanja di Laku6

Hi, Hey, Hello!


Kali ini saya mau review website jual handphone bekas bergaransi, Laku6. Jadi, ceritanya setelah saya beli iPhone di OLX, adik saya juga mau beli handphone baru, tapi maunya Sony Xperia M5 karena kamera depan belakang canggih tapi harganya masih terjangkau. Awalnya saya coba cari di OLX karena pengalaman sebelumnya, tapi saya gak nemu hp tersebut dengan kondisi dan harga yang diinginkan adik saya. Akhirnya saya coba googling website jual handphone terpercaya, dan saya menemukan laku6.com.

Saya coba lihat website nya, langsung ada tulisan garansi 90 hari dan free delivery ke seluruh Indonesia! Wah, siapa yang gak tergiur dengan tawaran tersebut? Secara kita tahu susah banget dapetin handphone bekas dengan garansi, 90 hari pula. Begitu pula ongkos kirim handphone yang mahal karena harus pakai asuransi.

Hasil menjelajah di Laku6, saya menemukan info bahwa ada 3 jenis seller di Laku6, yaitu Laku6 Express, Premium Seller, dan Penjual Biasa. Bedanya apa? Jadi, kalau kita beli di Laku6 Express, barang sudah ready stock dan dicek, sehingga setelah kita bayar barang akan segera diproses untuk dikirim. Kalau premium seller itu penjual yang bekerja sama dengan Laku6, nantinya barang yang kita beli akan dikirim dulu ke kantor Laku6 untuk dilakukan pengecekan selama 3-4 hari, jika kondisi sesuai maka akan dikirim ke pembeli melalui Laku6. Sedangkan penjual biasa adalah penjual yang mengiklankan barang di Laku6, dan proses selanjutnya sama dengan premium seller. Nah, proses pengecekan melalui Laku6 ini lah yang membuat Laku6 berani untuk memberikan garansi selama 90 hari, karena mereka yakin barang yang dijual adalah barang yang kondisinya sesuai dengan deskripsi.

Di Laku6 ada 5 tipe kondisi produk, yaitu overstock, open box, mulus, standar, dan ekonomis.
- Overstock: Handphone baru dengan kotak & aksesoris asli. Kondisi kotak masih segel dan belum pernah dibuka.
- Open Box: Handphone baru dengan kotak & aksesoris asli. Kondisi kotak sudah dibuka.
- Mulus: Handphone bekas berfungsi 100% dengan kondisi fisik maksimal 2 titik lecet.
- Standar: Handphone bekas berfungsi 100% dengan kondisi fisik 3 - 6 titik lecet.
- Ekonomis: Handphone bekas berfungsi 100% dengan kondisi fisik 7 atau lebih titik lecet.
Untuk produk dengan kondisi mulus, standar, dan ekonomis akan diberikan kotak & aksesoris (kepala charger, kabel usb, dan earphone) pengganti dari Laku6.

Berbekal informasi tersebut, akhirnya adik saya memutuskan untuk membeli Xperia M5 yang dijual oleh Laku6 Express dengan kondisi standar. Kenapa?
1. Ini adalah pengalaman pertama yang akan menjadi penentu apakah kami akan melakukan order kedua, dan selanjutnya. Jadi, kami harus mulai coba dari Laku6 Express dulu sebagai penjual utama. Kalau order lancar kita bisa coba penjual lainnya.
2. Proses dari Laku6 Express cepat karena barang sudah dicek, tinggal kirim. Jadi gak perlu nunggu 3-4 hari untuk pengecekan, ditambah pengiriman 1-2 hari.
3. Harga yang ditawarkan Laku6 Express cukup bersaing dengan premium seller.

Saya membantu adik saya mesan Xperia M5 menggunakan data diri adik saya (agar nantinya dia urus sendiri garansi jika ada masalah), dan segera melakukan pembayaran melalui ATM dengan nomor virtual account. Beberapa menit kemudian adik saya mendapatkan SMS konfirmasi pembayaran telah diterima, serta barang akan diproses hari itu juga dan dikirim keesokan harinya menggunakan Grab Express. SMS konfirmasi tersebut dikirim secara manual dengan menggunakan nomor handphone yang berbeda dari yang dicantumkan di website. Hal ini membuat kami agak takut dan curiga apakah SMS tersebut palsu. Tapi kami tidak melakukan tindakan apa-apa dan coba menunggu sampai hari pengantaran barang.

Keesokan harinya barang sampai tanpa ada informasi terlebih dahulu bahwa barang akan dikirim jam berapa, meskipun kemarin Laku6 sudah mengatakan barang akan dikirim besok via SMS yang saya sebut di atas. Saya baca di twitter ada yang memesan dan 30 menit sebelum barang sampai ia mendapat informasi bahwa barang akan segera diantar, saya pikir adik saya juga akan dapat SMS seperti itu. Ya, itu bukan masalah besar karena barang dikirim ke rumah dan saat itu ada orang di rumah.

Setelah barang saya terima, saya segera melakukan pengecekan. Meskipun barang dikirim menggunakan Grab Express, barang tetap dibungkus menggunakan bubble wrap sehingga keamanan lebih terjamin.
paket dibungkus bubble wrap

Saat bubble wrap dibuka, terdapat kotak Laku6 yang berisi petunjuk pengecekan barang,
kotak Laku6 dengan petunjuk pengecekan barang

Kotak berisi handphone yang dibungkus menggunakan bubble wrap, dilengkapi dengan aksesoris baru dari Laku6, serta kartu garansi yang dicap resmi.
kelengkapan barang
(handphone, kotak, aksesoris, dan kartu garansi)

Saat dilakukan pengecekan fisik, memang kondisinya sesuai dengan deskripsi kondisi barang, yaitu terdapat 3-6 titik lecet. Berikut foto contoh salah satu titik lecet yang paling terlihat. Sisanya hanyalah lecet kecil dan halus.
contoh lecet pada handphone

Setelah pengecekan fisik, saya melakukan pengecekan fungsi, dan hasilnya 100% berfungsi dengan baik. Sejauh ini tidak ada masalah dengan handphone tersebut.
penampakan belakang



Menurut Opini Syifa, Laku6 sangat recommended untuk membeli handphone bekas berkualitas. Penggunaan website sangat mudah; deskripsi barang jelas; kondisi barang sesuai; proses pembelian sangat simple (tingal pilih barang, klik beli, isi data diri, pilih metode pembayaran, dan checkout, setelah itu lakukan pembayaran dan barang akan segera dikirim). Saran saya, Laku6 sebaiknya menambahkan foto barang dari berbagai sisi; SMS konfirmasi menggunakan nomor yang terdaftar di kontak Laku6 atau via email; konfirmasi tambahan sebelum barang dikirim.

Sekian review, sharing pengalaman, dan Opini Syifa. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Ingat, ini hanyalah opini pribadi, jadi jangan dijadikan acuan utama dalam menyimpulkan dan memutuskan, tapi boleh dipertimbangkan.



 SYIFA RAMADHANI 

Comments

Popular Posts